26 Maret 2010

Kegelapan

Menurut anggapanku,
Aku ini seorang baik-baik,
Pemurah dan terhormat,
Yang dosa dan kekurangannya ringan saja,
Tetapi aku kurang menyadari bahwa justri orang berdosa,
Yang terbesar adalah dia yang berdosa karena ketidaktahuan.

Ku lihat kerugian yang menimpa anak-anak yang tak berdaya,
Disebabkan oleh apa yang dinamakan 'cinta',
Yang maksudnya baik namun bukan cinta saja.

Ku lihat noda-noda kekejaman,
Menandai orang beragama fanatik...

Ku lihat orang berlogika yang wajar,
Menjatuhkan vonis atas diri Dia,
Dan merasa wajib menyingkirkan dia...

Aku jadi takut,
Kalau-kalau aku pun mengidap penyakit dari para pelogika ;
Mereka begitu pasti tentang diri sendiri,
Begitu yakin akan kebeneran kebenaran sendiri,
Begitu tertutup terhadap pendapat lain dan perubahan...
Ku pikirkan orang-orang yang mirip dengan mereka...
Dan aku sendiri? ...

Orang berlogika mudah mengadili orang lain, atau baik atau jahat. Hanya itu.
Jika menurut prasangka mereka orang lain itu jahat,
Mustahillah ada sesuatu yang baik dalam dirinya...
Kubayangkan orang lain yang sifatnya juga begitu...
Dan aku sendiri? ...
Ku catat orang-orang 'jahat' yang ku kenal,
Dan aku bertanya-tanya ;
Mungkinkah mereka pada dasarnya malahan jauh lebih baik daripada aku ini...

*Jemaat Taman Aries.





0 obladi oblada..:

Photobucket home